Ruzia Anita,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kendala Yang Dihadapi Dalam Proses Pembelajaran Daring

Dilaksanakannya pembelajaran di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19, merupakan tantangan baru untuk kami para guru. Pembelajaran daring (dalam jaringan atau online) menjadi polabaru yang membuat guru harus belajar kembali. Mengubah polabelajar dari tatap muka langsung menjadi daring memang tidakmu dah.Pembelajaran daring yang paling mudah adalah WA paguyuban kelas yang pemantauannya juga dilakukan melalui grup WA tersebut.Beberapa guru ada juga yang menggunakan aplikasi rumah belajar, Google Classroom, Webex, Zoom Cloud Meeting, dan masih banyak lainnya. Mengingat minimnya pengalaman guru dalam menyediakan pembelajaran online, ada beberapa kendala yang dihadapi. Kebanyakan model belajar jarak jauh yang diberikan adalah berupa pemberian tugas, Selain itu, tidak semua siswa mempunyai alat komunikasi dan tidak semua orang tua ekoniminya mampu.sehingga pembelajaran daring tidak bisa diakses. Pemantauan proses pembelajaran daring juga lebih sulit karena biasanya siswa hanya mengirimkan hasil akhir sebagai produk penugasan. Buat penugasan yang membuat siswa tetap kreatif dalam belajar. Misalnya menulis cerita kegiatan di rumah, merancang jadwal kegiatan harian di rumah bersama orang tua, reportase kegiatan memasak, menulis laporan percobaan atau pengamatan, membuat cerita bergambar, membuat permainan bersama keluarga, dan lain sebagainya. Bagi siswa tidak memiliki alat komunikasi atau keterbatasan signal HP, makatugas manual bias dilakukan. Misalnya, memanfaatkan buku paket atau lembar kerja yang dibuat sendiri oleh guru.Yang terpenting tetap menfasilitasi dan mendorong siswa untuk belajar dari rumah.

Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan Agar pemantauan prosesnya juga terjaga, siswa bias diminta membuat video atau menuliskan laporan dari kegiatan yang dilakukan. Difoto dan dikirimkan via WA. Siswa dan orang tua tetap melakukan pembiasaan membaca Kegiatan literasi ini dapat dilakukan oleh siswa sendiri atau dibantu orang tua dengan kegiatan membaca bersama. Kegiatan ini juga mendukung program gerakan literasi nasional yang melibatkan keluarga dalam pelaksanaannya. Pembentukan Karakter Kesempatan pembelajaran di rumah ini juga bias dimanfaatkan juga untuk mengembangkan pembentukan karakter siswa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasan yg bagus Bunda... Salam kenal, follow balik yaaa biar bs belajar dr Bunda...

10 Jul
Balas

Keren

10 Jul
Balas

Tak mudah untuk melaksanakan pembelajaran daring. Konsistensi itu yang tidak mudah dilakukan. gampang dan indah diucapkan tetapi sulit dijalankan. Salam literasi, sukses selalu.

10 Jul
Balas



search

New Post